Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 27 Juli 2011

JANGAN MENYERAH PADA SUATU MASALAH

Mungkin kita sudah mengenali kata depresi, tetapi apa penyebab terjadinya depresi dan bagaimana cara mengatasinya. Depresi adalah sinonim dengan perasaan sedih, murung, kesal, tidak bahagia, dan menderita. Orang pada umumnya menggunakan istilah depresi untuk merujuk pada keadaan yang melibatkan kesedihan, rasa kesal, rasa tidak punya harga diri, tidak bertenaga, dan lain-lain. Ada dua macam depresi, yaitu depresi ringan dan berat (menetap).
Depresi ringan datang dan pergi dengan sendirinya, ditandai dengan hati yang berat, sedih, dan murung. Depresi berat dicirikan oleh perasaan tidak berguna atau bersalah serta sering disertai gejala fisik seperti turun berat badan, sakit kepala, hingga tidak enak badan. Penderita depresi berat cenderung untuk menarik diri, tidak peduli pada lingkungan sekitar, serta aktivitas fisik yang terbatas.
Salah satu gejala depresi adalah pikiran dan gerakan motorik yang serba lamban (retardasi psikomotorik). Fungsi kognitif seperti, mengingat, belajar, berpikir menjadi terganggu. Sehingga baik dalam proses belajar pada murid dan bekerja pada orang dewasa akan menurun kualitasnya.
Sebab Terjadinya Depresi
Perlu untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya depresi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan depresi, yaitu:
Pertama, kejadian menyedihkan. Seperti kematian seseorang yang dicintai yang bisa berlanjut depresi. Masa duka adalah sebagian penting dari proses penyesuaian diri terhadap suatu kehilangan. Depresi ini sering disebut dengan depresi reaktif.
Kedua, stres biasa. Stres merupakan suatu reaksi fisik dan emosional terhadap suatu keadaan yang menekan, menuntut, atau membebani. Depresi akibat stres biasanya dipacu oleh ketegangan, baik dirumah, sekolah, kantor atau tempat sosial lainnya.
Ketiga, hal ini khusus wanita. Depresi juga bisa muncul di hari menjelang haid, karena itu disebut dengan depresi pra haid. Gangguan bervariasi dan merupakan kejadian umum. Hal ini bersamaan dengan munculnya sikap mudah jengkel, kasar, serta gejala fisik kenaikan berat badan, sakit kepala, dan perut mual.

Keempat, penyakit akibat infeksi
. Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi sering diikuti dengan masa-masa depresi.
Dari sekian penjelasan mengenai sebab-sebab timbulnya depresi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Tidak enak jika kita murung terus-terusan bukan? Jika penyebabnya adalah kejadian yang menyedihkan, maka jangan terlalu berharap bahwa kepulihan akan datang dalam beberapa hari.
Perlu waktu untuk bisa lepas dari depresi. Berbincang-bincang pada ustadz mengenai takdir dan hikmah dibalik semua kejadian ini bisa membantu. Jika parah, maka pergilah kedokter. Penderita akan diberikan obat antidepresan semacam obat penenang.
Bisa juga mengunjungi pengobatan psikologis. Suatu cara yang dilakukan oleh terapis yang mendorong untuk membicarakan perasaan dan kecemasan penderita, dan dapat memberikan bantuan penanganan dan nasehat.
Jika penyebabnya adalah stres biasa, maka cobalah batasi stres tersebut sekecil mungkin dengan sedapat mungkin menghindari perubahan besar pada hidup anda. Cobalah berbagi dengan orang-orang terdekat anda dan cara menangani masalah stres anda. Sediakan waktu sejenak setiap hari untuk relaksasi mengalihkan ketegangan dan kecemasan.
Khusus untuk depresi prahaid, dokter biasanya akan memberikan pyridoxine (vitamin B6) setiap hari. Jika depresi akibat infeksi, maka jangan terlalu tergesa-gesa kembali ke jadwal  sehari-hari setelah sakit. Jaga makan yang cukup dan tidur yang cukup untuk mempercepat pemulihan.
Perlu diketahui bahwa peran keluarga dan lingkungan sekitar juga ikut mempengaruhi kesembuhan akibat depresi. Jika penderita selalu diingatkan bahwa kita selalu peduli pada mereka, maka ini akan mengurangi dampak depresi seperti perasaan terisolasi (terasingkan), misalnya. Sehingga diharapkan nantinya penderita akan termotivasi untuk bisa pulih kembali.



Depresi PADA REMAJA DAN CARA MENGATASINYA

A. Definisi Depresi

Secara bahasa, depresi berarti gangguan jiwa pada sesorang yang ditandai dengan perasaan yang menurun, seperti muram, sedih, dan perasaan tertekan. Yang namanya sedih bisa ringan, bisa berat, dan bisa berat sekali sampai kalut dan tak tertahankan sehingga meronta-ronta. Secara umum orang tidak membedakan antara depresi dan stress. Padahal, secara terminologi kesehatan, stress berarti terganggunya faal tubuh sebagai akibat ketidakmampuan sesorang mengatasi atau menyesuaiakan diri dengan problem yang dihadapinya.
Dengan demikian jelaslah bahwa depresi merupakan suatu gangguan mental yang spesifik yang ditandai dengan adanya perasaan sedih, putus asa, kehilangan semangat, merasa bersalah, lambat dalam berpikir, dan menurunnya motivasi untuk melakukan aktivitas.

B. Penyebab dan Gejala Depresi Pada Remaja

Penyebab depresi pada remaja umumnya ada dua faktor yaitu faktor Genetik dan pengalaman masa kanak-kanak yang tidak menyenangkan, faktor genetik terjadi karena mungkin dahulunya orang tua pernah mengalami depresi yang berkpanjangan, jadi kemungkinan besar hal itu meningkatkan resiko seorang anak mengalami depresi pada saat remaja. sedangkan untuk faktor selanjutnya seorang anak ketika masa kecil di perlakukan tidak adil, keluarga yang tidak harmonis, selalu tertekan dan lain sebagainya akan mengakibatkan goncangan emosi yang memicu respon fisiologi dan psikologis dan berakhir pada terjadinya depresi.
Faktor faktor lain yang bisa menyebabkan depresi pada remaja umumnya adalah peristiwa peristiwa dalam masa hidupnya, seperti di tinggal orang yang di sayang, sekolah, teman, kematian orang tua, konflik dalam keluarga dan lain sebagaunya. tapi yang paling menonjol adalah cinta. mungkin karena eerat hubungannya dengan hati.
Gejala depresi bisa dilihat dari tanda-tanda berikut untuk mengetahui adanya depresi pada remaja:
• Merasa sedih, cemas, dan tidak memiliki harapan
• Tidak nafsu makan, atau banyak makan yang menyebabkan penurunan maupun kenaikan berat badan dalam waktu singkat
• Terjaga di malam hari, namun tidur sepanjang siang
• Menarik diri dari teman-temannya, murung
• Aktivitas dan prestasi di sekolah menurun, menurunnya motivasi dan minat
• Mudah marah dan tersinggung, menjadi sensitif terhadap kritikan
• Rendah diri dan merasa sangat bersalah
• Konsentrasi menurun, sulit mengambil keputusan
• Adanya perubahan dalam kebiasaan makan maupun tidur
• Memiliki pikiran untuk melakukan bunuh diri
Jika tanda tersebut terjadi beberapa hari sampai beberapa minggu, sebaiknya segera dikonsultasikan pada tenaga kesehatan. Treatmen yang dilakukan dapat berupa terapi dengan cara berbicara, maupun menggunakan obat.

C. Cara Mengatasinya
Banyak terapi yang menjadi solusi untuk mengatasi depresi pada remaja, yaitu:
1. CBT (Cognitive Behavioral Therapy)
2. Psychodinamic Psychotherapy
3. Interpersonal Psychoterapy
4. Terapi Suportif

Yang pasti ketika kita akan meyembuhkan depresi pada remaja faktor yang paling utama adalah dukungan, baik dukungan dari keluarga, teman maupun orang lain yang berhubungan langsung dengan si penderita. faktor keluarga sangat penting peranannya dalam proses ini.


Tips Cara Mengobati/Menghilangkan Stres (Stress)/Depresi Menghadapi Masalah Hidup


Berbagai persoalan dan permasalahan hidup yang kita hadapi dalam kehidupan kita terkadang membuat kita pusing, bingung, putus asa, kehilangan semangat hidup,lelah, bete, dan berbagai hal negatif lainnya yang tidak menyenangkan untuk dijalani dalam hidup yang singkat ini. Situs web komunitas organisasi.org akan membantu memberikan solusi versi kita sendiri.
1. Lari Sejenak / Sementara Dari Problema Yang Ada
Jika sedang stres maka kita harus melakukan berbagai upaya untuk membuat kita lupa atas masalah yang mendera agar kita bisa punya kondisi akal yang jernih untuk membereskan masalah tersebut. Lakukan langkah ini tanpa cara-cara bodoh seperti minum alkohol (miras), ngelem, pakai narkoba, kebut-kebutan, berantem, dan lain-lain.
Cukup lakukan hal-hal yang dapat membuat kita sibuk dan butuh banyak mikir seperti main bola, main ps winning eleven di rental ps2 sama teman, nyanyi di karaoke keluarga sama teman, ngerumpi, nyapuin jalanan, jalan kaki yang jauh dalam tempo singkat, curhat, main badminton, dan lain sebagainya. Kalau sudah capek fisik sebaiknya istirahat tidur yang cukup.
Yang penting kita harus bisa mengembalikan konsentrasi kita dengan baik dan menganggap persoalan yang kita hadapi mudah untuk diselesaikan jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Setiap ada kemauan pasti ada jalan. Masalah hidup hanya ujian hidup dari Tuhan yang memiliki banyak jalan keluar untuk membereskannya.
2. Melakukan Investigasi Atas Masalah Yang Ada
Setelah pikiran kita bebas dari persoalan yang menyita konsentrasi, maka kita bisa mulai melangkah ke tahap berikutnya yaitu menjabarkan permasalahan yang ada dan jalan keluar yang mungkin dilakukan untuk mengatasinya. Gunakan secarik kertas dan sebuah pulpen untuk menguraikan masalah demi masalah yang terjadi.
Tulis garis besar masalah yang kita hadapi saat ini yang menyita perhatian kita seperti masalah cinta, bisnis sampingan, kantor, keluarga, kuliah/sekolah, teman, keuangan, dan sebagainya. Usahakan ambil beberapa point yang paling penting saja yang sangat mengganggu, misal seperti cinta, kuliah, keluarga dan bisnis.
Nah dari empat masalah itu kita rinci kondisi tiap masalah yang ada secara mendetil seperti contoh masalah cinta seperti pacar ngambek, tidak mau menerima telepon kita, terlalu protektif, dan sebagainya. Untuk masalah kuliah misal sedang marahan dengan teman, ada tugas yang sulit dikerjakan, butuh biaya untuk beli buku, dan lain-lain. Tuliskan saja point-point permasalah dari tiap inti masalah dengan singkat, jelas dan padat.
Ketika semua masalah-masalah genting yang mesti diselesaikan sudah tertulis di selembar kertas kemudian kita coba cari cara mengatasinya tiap submasalah yang ada. Misalkan untuk masalah pacar ngambek kita selesaikan dengan ke rumah doi untuk minta maaf sambil menjelaskan masalah lalu ajak jalan-jalan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Untuk masalah butuh buku kita bisa cari kenalan senior kita yang bukunya bisa kita pinjam. Lakukan langkah ini ke semua sub-masalah dan berikan solusi minimal satu dan kalau bisa ada banyak solusi, lalu pilih satu yang terbaik dan mudah dilakukan.
Setelah semua terjabarkan mulai dari masalah sampai jalan keluar maka kita tuliskan apa-apa yang harus kita lakukan secara menyeluruh gabungan dari semua masalah. Jadi akan mirip seperti daftar kegiatan yang harus kita lakukan untuk mengeliminir masalah-masalah yang selama ini bercokol dan merusak kenikmatan hidup ini. Selanjutnya lakukanlah apa-apa yang tertulis di daftar tadi.
3. Membereskan Masalah Yang Ada Dengan Cara Yang Baik
Dari daftar solusi hidup yang telah dibuat sebelumnya, kita pilih beberapa yang mudah dilakukan terlebih dahulu dan lakukanlah. Bawalah daftar tersebut kemana pun kita pergi yang akan menjadi pedoman kita dalam memperbaiki hidup. Lakukanlah apa yang belum dilakukan jika situasi dan kondisi mendukung.
Sering-seringlah melakukan evaluasi hasil pencapaian karena mungkin akan ada penyempurnaan, perubahan atau penambahan. Coretlah masalah yang telah terselesaikan dengan baik dan tambahkan jika ada masalah lain yang perlu diselesaikan. Dengan begitu hidup kita akan jadi lebih terarah dan diharapkan dalam jangka panjang masalah anda sudah sebagian besar teratasi. Dengan begitu kita pelan-perlahan kita bisa belajar manajemen masalah hidup kita sendiri.
Jika semua telah berakhir maka kita harus bisa menyimpulkan pelajaran hidup yang telah kita dapat karena pengalaman adalah guru yang paling baik sehingga kita tidak akan mudah terperosok ke dalam lubang yang sama berkali-kali. Semoga berhasil :)
Tambahan :
Langkah pertama, kedua dan ketiga bisa dilakukan bersama orang yang bisa kita percaya dan tidak malah membuat masalah menjadi semakin runyam.

 

Senin, 27 Juni 2011

this is BLACKY PUDDLE'S

we need some more personnel are truly interested in our band. because we want to record new songs for the album first. thanks.
do not forget to watch us in the eventof LampungFair2011 onFriday08Juli2011 at15:45pm.we need the support of all of you.Thanks.:)

nama : zie putra susilawati
ttl : Bandar Lampung, 30 November 1993
equipment : vocalist

  nama : langgeng laksono (langgeng wiradinaya)
  ttl : Bandar Lampung, 20 April !993
  equipment : rytheme

 nama : Wingki Satura
 ttl : Bandar Lampung, 31 Juli 1993
 equipment : Keyboardist (add)


nama : Ade Oktavianus
ttl : Bandar Lampung, 16 Oktober 1993
equipment : Bassist














nama : Rifky Danu
 ttl : Bandar Lampung, 17 Mei 1994
equipment : Drummer






 

Selasa, 03 Mei 2011

Tentang Sekolah dan Teman-Teman 12 IPA 5

IPA 5 SMAN 3 BANDAR LAMPUNG ANGKATAN 2010/2011

by Langgeng Wiradinaya on Saturday, April 30, 2011 at 1:35pm
Kenapa waktu itu cepat bgt sih?? gk kerasa kita udah satu kelas selama 2 tahun, bahkan kita udah layaknya keluarga kecil. ketawa bareng, sedih bareng, cerita bareng, ngongekin temen", maen bola bareng, muterin lapangan bareng lagi, solat duha bareng lagi, dn maen lempar"an tutup ember lagi dikelas. banyak kenangan di kls 12 ipa 5. warna coklat yg slalu mnghiasi hari" kita slma di sma 3. setiap sudut dikls menyimpan sbuah cerita tntang kita. Bu Damriani yg slalu memberi nasihat kita, dia wali kelas kita layaknya seperti ibu sendiri. Pak Budi, ssok guru yg bjaksana walaupun trkadang kita tgang mnghadapi beliau namun hati nya lembut. Pak Yohanes, bljr Biologi itu asik dan seru, setiap pelajaran pak yo pasti ada kamera. Pak Wayan, walaupun terkadang kita sring ngnatuk dgn pljaran mtk tapi pak wayan slalu mengerti kondisi anak" nya yg sudah jenuh atau capek. Bu Trias, bljr sejarah sekaligus norma dan etika, siapa lagi yg bkalan nasehatin kita semua klo kita udh gk di ajar sm bu trias??. Bu Endah, kimia membingungkan dan ribet, tapi walaupun ribet dan bingung bu endah tetap sabar ngedidik kita sampai kita bisa. Bu Temu, thank you mom, for you we can and because you we made it, you figure that we are proud and we love, we are all very fortunate to have been educated by you. Bu Hendra, terkadang kita sering buat ibu kesal karena ulah kami semua, maafkan kami semua bu. Bu Khodijah, hafalan kami sudah semua bu.:D Pak Ajiz, mksih udh ngajarin kita buat surat resmi. Pak Rizwan, kapan kita berenang dan aerobik lagi pak?? terimakasih buat semua guru guru yg udah mau ngedidik kami, maafkan kami dan do'akan semoga kami semua lulus dan sukses. amin,

anak-anak ipa 5.
Abnertus Christopher : batak, itu panggilannya. sosok yg gokil baek, gk aneh", usil, dan slalu ingusan tiap hari.:D
Afierda Ginanda : gina, panggilannya, sosok yg baek, peduli, sering ngajarin cheers dan sering jajanin nasi goreng.:D
Any Desca : tante simpur panggilannya, sring dikongek sma heru, jrang gabung lo itu ni sma ktrang.:D
Ariefalgi Budianto : tua/budi panggilannya, sring dikongek sma ank kls krena omngannya yg slalu sok bijak, tp sabar.:D
Ayu : tokek panggilannya, pinter anknya tapi krg brsosialisasi lo itu yu, hahahaha
Citra : cibon, sring dikongek sma tmn" kls tp dy gk prnah mrah krna dy sabar dn baik hati.:D
Defti : ncik. mata lo kok gk melek" sih cik?? di lem alteco tah?? hahahahaha
Deva : ncek, sarif nungguin lo tuh ncek, terima aja dia apa adanya.:D
Diah : jengkelin, mana pempek buat kita org, gendutin tuh badan.:D
Faira : nyonya menir, jgn ngalem fai klo lo udh kuliah nti, klo kelaut itu jebur dong satu jebur jebur semua.:D
Garda : gendut, krusin tuh perut, mudah"an lo bs kyk bokap lo.amin.:D
Hanson : babacong, pinter nih org (pinter ngeracik obat)hahahaha. inget inget son klo udh sukses. JANGAN PELIT!!!:D
Heru : Bokong, ngeselin lo itu tp klo lo gk ngeselin kls gk bkalan seru dan gk bkalan ada cerita.:D
Indah : pinter amat sih lo itu ndah, klo udh sukses jgn lupain ipa 5 yaa.:)
Langgeng : jawa, kulit lo makin hitam aja, tapi biarin aja lah ttep manis.:D
M.hidayat : kartun, muka lo sring gk kontrol don. hahahaha
Maliza : bebek, gk usah manja lagi ya maliza, moga langgeng sama rama.:D
Meri Handayani : cengeng, jgn suka nagis lo itu, malu sama umur.:D
Meri Agustina : bcl, jgn dandan kyk mbok" lagi geh bcl.:D
Meta : telat, jgn suka telat trus lo itu, klo kuliah nnti gk bisa telat lagi lo.:D
M. Haekal : arab cabul, jgn egois kal, jgn pilih kasih dan pilih pilih sma tmn, smuanya sama kal.:D
Mutia : cantik, mut kita udh 6 thn stu skolah dan 3 thun skelas, mdh"an prshbatan kiata ttp langgeng yaa.:)
N.M.topik : paud, pik jgn sering mrah", jgn suka kesel sndri.:D
Putri Maida : pumai, topik menanti.:D
Putri Setyonigrum : oneg, jgn pelit neng, hati hati sma co.:D
Rama Septian : tinggi, tinggi lo udh ngelebihin jerapah ma.:D
Ratna : gk ush malu malu lg na klo dikls.:D
Restu : tu jgn menel lagi lo klo udh kuliah.:D
Rialudin : abi, solat yg rajin bi.:D
Ricky sambora : sam, mau jadi dokter kandungan bnran tah sam???:D
Sarif : sumpuk, tingkah laku lo jgn sumpuk" amt sih rif.:D
Sherly Dwi : kurus, gendutin lagi tuh badan, biar lebih cakep.:D
Sherly isti : wo, pake jilbab itu yg bener, jgn stngah stngah.:D
Sofa : oph, ketawa lo jgn lebar lebar oph.:D
Solahudin : kusut, rambut lo itu kusut amat din.:D
Syalian : ponbol, ngontrol poni trus lo itu.:D
Tana : si tukang pulsa, tagihin lagi tuh utang dyrang, jgn pas udh pisah nagihnya.:D
Ummu : medit, mu klo udh kuliah jgn medit medit yooo.:D
Yanny : judes, jgn judes judes ni pas udh kuliah, dosa klo mrah mrah trus, langgeng sma njoy yaa.:D

itu pnilaian mnurut gw ke kmrng smua, smoga persahabatan kita slama ne gk akan terhapus oleh waktu dan akan selalu dikenang dalam hati dan fikiran.:)
KITA UNTUK SELAMANYA.:)

Tips Menurunkan Berat Badan

tips diet menurunkan berat badan yang dapat anda lakukan sehari hari

Tips 1. Hindari lemak dan kurangin karhobidrat.
Asupan karbohidrat tetap diperlukan meskipun sedang program menurunkan berat badan, jadi jangan Anda hilangkan asupan karbohidrat ini. Makanlah dengan jumlah karbodihrat yang dikurangin.
Tips 2. Kurangin gula dalam minuman anda.
Soft drink mengandung gula yang tinggi, berhentilah mengkonsumsi soft drink. Selalu biasakan mengkonsumsi air mineral jika Anda sedang berada di luar. Jika Anda ingin minum teh manis, sesekali tidak apa apa. minumlah air putih minimal 8 gelas per hari untuk program menurunkan badan
Tips 3. Makanlah minimal 3x sehari untuk diet menurunkan berat badan yang efektif.
Tetaplah untuk makan 3x sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari karena justru akan memperlambat metabolisme, bisa bisa justru Anda terkena maag. Tetaplah makan minimal 3x sehari, dengan tentu saja porsi yang sedikit. Melewatkan makan utama merupakan kesalahan dalam diet.

Tips 4. Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur.
Makan mendekati jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika Lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

Tips 5. Latihan kardio (lari, renang, threadmill, aerobik).
latihan kardio sangat efektif untuk membakar lemak, lakukan olahraga ini secara rutin tiap hari.  Selain itu olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tips 6. Kurangin makanan gorengan, gantilah dengan makanan rebus.
Jangan melupakan bahwa ikan bakar dan ayam bakar kadang kadang diolesin minyak, jadi tetap hindarin juga makanan ini.

Tips 7. Pagi hari yang indah untuk berlatih.
Berlatih pada pagi hari akan lebih efektif, karena perut anda sudah kosong dan tentunya pembakaran yang utama akan mengambil dari lemak anda.

Tips 8. Selalu memilih jalan kaki daripada eskalator.
Pilihlah berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. jika di kantor selalu pilihlah untuk menggunakan tangga jika Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja. Olahraga kecil ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda jika anda lakukan tiap hari.

Tips 9. Menikmati hidup.
Aturlah semua diet yang meliputin pengaturan pola makan dan olahraga sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan menjadikan diet Anda sesuatu yang menyenangkan maka akan semakin memperbesar keberhasilan diet .

Tips 10. Istirahatlah secukupnya .
Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari, pernah ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur berlebih meningkatkan resiko kematian.

Tips 11. Jangan mencoba semua jenis makanan pada jamuan buffet.
jangan mencoba semua menu makanan saat ada jamuan buffet. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling Anda suka, lalu lanjutkan dengan salad, ingatlah bahwa Anda sedang mencoba cara menurunkan berat badan .

TAPI INGAT, JANGAN MEMPORSIR MAKANAN KALIAN MELAINKAN MENGURANGI SEDIKIT SAJA DARI BIASANYA!!

Nih Tips Aman Buat Kesehatan Kalian

8 Larangan Setelah Makan

Menjaga kesehatan tidak hanya terpaku pada memperhatikan jenis
makanan. Lebih dari itu, kamu harus memerhatikan apa saja yang harus
dilakukan dan harus ditinggalkan selepas makan. Jika diperhatikan
dengan baik, hal-hal yang sebaiknya ditinggalkan itu, kamu akan
merasakan manfaat lebih dari makanan yang kamu konsumsi.

 

1. Merokok

 

Coba kamu bayangkan! Merokok saja sudah merusak tubuh apalagi jika hal
ini kamu lakukan setelah makan. Berdasarkan penelitian, mengisap satu
batang rokok setelah makan sama saja dengan merokok sepuluh batang.
Sehingga, kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.

 

2. Makan Buah

Selama ini orang salah persepsi tentang hal yang satu ini. Kebanyakan
orang makan buah setelah dianggap sebagai tradisi dan mereka meyakini
buah sebagai hidangan pencuci mulut. Padahal mengkonsumsi buah setelah
akan membuat perut dipenuhi udara alias kembung.

 

Tapi bukan berarti kamu tidak boleh siasati. Nah, cobalah kamu
mengkonsumsi buah dengan jeda waktu 1-2 jam setelah makan. Dan jangan
kamu mengkonsumsi buah satu jam sebelum makan, ini akan membuat perut
kamu kenyang dan makan tidak terlalu banyak.

 

3. Minum Teh

 

Berdasarkan penelitian, daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi.
Hal ini menyebabkan kendungan protein dalam makanan sulit dicerna.
Selain hal itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan
terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80%. Padahal, seperti yang
kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas
tubuh manusia.

 

4. Mengendurkan Ikat Pinggang

 

Ini hal yang sepele tapi seringkali dilakukan. Mungkin maksud kamu
supaya makanan yang masuk bisa lebih banyak dan kamu tidak merasa
begah. Karena itu, kamu mengendurkan ikat pinggang. Tahukah kamu?
Mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan
terblokir.

5. Mandi

Walaupun tidak banyak orang yang melakukan, terkadang ada saja yang
berpikir untuk melakukan mandi selepas makan. Pada pagi hari
kebanyakan orang lebih memilih makan dulu daripada mandi dengan alasan
setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat
lebih besar. Sehingga kamu berpikir untuk mandi sekalian BAB.

Padahal, mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran
darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar
perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan
di dalam perut.

 

 

6. Berjalan – Jalan

Satu lagi yang benar-benar harus kamu hindari. Pernahkah kamu
mendengar cerita bahwa orang yang sedang mengikuti lomba gerak jalan
maupun lari marathon tiba-tiba saja muntah ditengah jalan? Ya, itu
adalah salah satu alasan mengapa kamu tidak boleh langsung berjalan
apalagi lari setelah makan. Berjalan akan menyebabkan sistem
pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah kamu
makan.

 

7. Langsung Tidur

 

Satu hal yang paling sulit untuk dihindari adalah rasa kantuk setelah
makan. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi sangat memuaskan
perut dalam artian sangat mengenyangkan. Namun, cobalah untuk tidak
mengikuti rasa kantuk kamu. Tidur setelah makan membuat makanan tidak
dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan
terjadi peradangan.

 

8. Minum Air Dingin

Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah
minum air dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondesasi dengan air
dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan
terbekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus
dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung
pada kegemukan. Nah, untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es
yang biasa kamu minum dengan minum air hangat.

Puisi

Selalu Ada Rencana Indah Untukmu

Sang Kuasa selalu punya rencana indah untuk kita umatNya
Sesekali langsung membahagiakan hati…
Terkadang sejenak bertentangan dengan harap
Kau hanya perlu mensyukuri dan merenungi
Usah kau terus mempertanyakan, buang semua logika
Berdoalah senantiasa… dan syukuri baik buruk yang kau rasa
Saat kau berniat baik dan meminta yang terbaik, itulah yang kan Dia beri
Terkadang seketika… seringkali harus lalui hari yang menguji hati
Selalu ada rencana indah untukmu
Walau seringkali kau melupakanNya
Selalu ada rencana indah bagimu
Jika kau terus meminta padaNya